Sabtu, 23 Oktober 2010

Kebodohan vs Kemiskinan

Yah.. ke-2 kata di itu saling berkaitan.. dan menurut saya hal tsb adalah hukum sebab akibat...
jikalau di buat kalimatnya......

Kebodohan menyebabkan kemiskinan....
Kemiskinan menyebabkan kebodohan....

Apakah itu benar? Ya.....kenyataan membuktikan bahwa itu benar lah adanya... ke-2 kata itu bisa juga disebut sebagai "lingkaran setan"... kenapa bisa dibilang seperti itu? karena lingkaran itu bisa menjadi warisan yg turun temurun.. karena orang tuanya bodoh.... maaf... maka anaknya akan menjadi bodoh... dan karena orang tuanya miskin... maaf... maka anaknya akan mjd miskin....lalu yg lebih penting sekarang adalah bagaimana cara untuk memotong lingkaran setan itu?

Obat yg ampuh untuk memutusnya adalah dg ILMU... Iya karena akar permasalahan tsb terletak pada kebodohan.. Dan kebanyakan orang salah persepsi.. bahwa untuk mendapatkan ILMU hanya bisa ditempuh dg jalur pendidikan di lembaga resmi.. Mungkin benar kalau lembaga resmi adalah salah satu tempat mencari ILMU... tp bukan satu2nya mksdnya.... ILMU itu dimana saja bisa kita dapatkan.. Apa yg dapat kita pelajari sebagai manusia normal adalah ILMU.. bahkan sebenarnya ILMU itu adanya d luar... Yg ada d buku & d sekolah itu hanya pencatatan dari apa yg ada di luar..

Lha kalo ada pertanyaan.. bagaimana untuk mencari kerja dg adanya ILMU tapi tidak ada gelar? nah itulah lg... nanya muluuu... tp g mo belajar!... he... Ginie... saya yakin para recruiter mencari employee dg prinsip "tidak mencari kucing dlm selimut"........... he..... maksudnya? ya iya lah...... bgmn tahu kemampuan employee tsb kalau tidak dg hal2 lainnya yg membuktikan bhw calon employee tsb benar2 mampu.. spt nilai lah, asal sekolah/kuliah lah, sertifikat lah, surat kelakuan baik lah, rekomendasi lah, dll... semua syarat itu hanya untuk memastikan bhw calon employee tsb benar2 mampu&sesuai dg kualifikasi yg didinginkan.. Kalau syarat2 itu sdh anda miliki, yakinlah bahwa ujung2nya psti ILMU/kemampuan jugalah yg ditanyakan.. Bahkan kadang2 ditambahkan tes praktek segala.... yah... ini cerita kalau kita ingin mencari kerja... sebagai contoh saja..

Lain lagi cerita  kalau mau mencari peluang lain yah... Dg adanya ILMU maka kita akan bisa menghadapi segala tantangan kehidupan ini....... Coba kalau negara indonesia ini memajukan dunia pendidikan... Sebentar saja....... hanya beberapa dekade saja...... saya yakin wajah Ibu Pertiwi kita akan berubah menjadi ceria... pasti akan ada hasilnya d kemudian hari....... kalau mendengar biaya perguruan tinggi skrg NGERI org bilang.... tdk mungkin lah anak org yg mencari makan saja susah apalagi mikirin mau kuliah... pdahal ada kemampuan dan kemauan... jika org tahu bahwa sebenarnya modal kemampuan dan kemampuan itulah yg dibutuhkan dalam mencari ILMU... tetapi jgn gara2 tidak mendapat fasilitas penerintah lantas kita tidak mau mencari ILMU.. Seperti penjelasan sebelumnya.. ILMU itu bisa dicari dan didapatkan di mana saja.... percayalah bahwa dg anda mempunyai kemampuan dan ILMU maka akan membuat hidup anda lebih berarti.. dan sebagai efeknya juga akan ada orang lain yg akan menghargainya..... walaupun ILMU itu sendiri sebenarnya tidak ada harganya....... he.... Pada intinya dg ILMU lah kita bisa belajar dan dg belajar dan berusaha kita bisa melakukan lebih.. Bahkan mendapatkan lebih bukan hanya materi dunia.. tetapi kepuasan bathiniah juga.. he........

nb : recruiter : karyawan/lembaga lain yg dipercaya mencari karyawan sesuai dg kualifikasi yg diinginkan.
      employee : karyawan.

Ditulis oleh : Afandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar